Etika Bisnis di Dalam Masyarakat

Etika Bisnis di Dalam Masyarakat

            Menurut saya pribadi, etika dimana pun dan dalam hal apapun adalah hal yang sangat penting. Terlebih karena kita manusia adalah makhluk sosial yang tak lepas dari komunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Apalagi dalam hal berbisnis, etika sangatlah diperlukan. Hubungan antar usaha sejenis bisa rusak, bahkan putus jika salah satu atau kedua belah pihak tidak ber-etika dalam usahanya.
            Di atas kaitannya hubungan etika dengan bisnis. Dalam hal bermasyarakat, menurut saya etika juga sangatlah dibutuhkan. Sebuah perusahaan yang tidak ber-etika dapat mengganggu kegiatan operasionalnya sendiri. Sebagai contoh : Sebuah perusahaan yang tidak peduli dengan masyarakat sekitar, dalam hal ini lingkungan sekitar seperti tidak menggunakan tenaga masyarakat sekitar, bersikap tidak bersahabat, tertutup, terkesan sombong dll. Biasanya akan tidak disenangi warga sekitar, bahkan dalam beberapa kejadian reaksi warga ada yang mengganggu operasionalnya, mengusir, dll. Itu adalah segelintir efek atau dampak yang mungkin terjadi jikalau sebuah perusahaan tidak beretika dalam bermasyarakat.
            Itu sedikit pandangan dari pengalaman saya dalam membantu orang tua berwirausaha. Pada akhirnya yang ber-etikalah yang bisa dan akan tetap exis dalam persaingan yang semakin ketat, karena disenangi relasi, warga sekitar, usaha sejenis dan lain-lain.

Nama   : Mohammad Huseini
Npm    : 14210498
Kelas   : 4EA15