Pengalaman Dalam Etika Bisnis

            DIsini saya akan sedikit bercerita yang mungkin ada kaitannya dengan tugas tulisan “ Etika Bisnis “ yang ibu berikan minggu ini, berawal dari pengalaman saya membantu usaha orang tua. Kebetulan Ayah seorang Wiraswasta/Wirausaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, tepatnya di bidang penyewaan AC Floorstanding dan Generator Set.
            Penjelasan singkatnya, usaha seperti ini sangat erat hubungannya dengan kerja sama antar vendor-vendor sejenis dan dengan para Event Organizer/EO. Tidak jarang JOB/PROYEK yang dikerjakan berasal dari teman-teman vendor dan teman-teman EO. Tapi tidak jarang pula langsung dengan klien langganan. Nah, masalah yang akan saya bahas adalah ada beberapa Etika Bisnis yang menurut saya tidak sehat dan efeknya bisa sangat merugikan pihak lain.
            Dalam usaha seperti ini, saling membantu antar vendor adalah hal biasa, misalnya vendor A punya job yang terlalu banyak pada tanggal tertentu sehingga dimungkinkan tidak dapat menyelesaikannya atau bisa selesai tapi dengan resiko keterlambatan karna waktu penyelesaian yang sedikit. Biasanya jika seperti itu, vendor seperti tadi akan melempar proyek yang tidak ke-handle ke vendor sejenis tentunya dengan kesepakatan kedua belah pihak terkait harga, pembayaran dll.
            Nah, Etika Bisnis tak sehat disini lah yang saya maksud. Ada beberapa vendor yang memang bersaing bisnis tak sehat. Mereka menerobos sana-sini langsung ke klien padahal bukan klien-nya. Misal, vendor A menyerahkan satu proyek ke vendor B karna beberapa sebab. Tapi dengan catatan tetap melalui BENDERA vendor A. Nah, ada beberapa vendor yang berada di posisi vendor B justru memakai bendera sendiri. Menurut saya, seharusnya tidak boleh begitu karna bagaimanapun itu adalah proyel vendor A. Jika ada masalah, troble, kompalain dlsb harus lewat vendor A.
            Tapi disini yang saya maksud, ada beberapa yang di posisi vendor B justru memperkenalkan diri, menawarkan harga produk lebih murah, ada diskon dlsb jika selanjutnya proyek masuk ke vendor B. Dengan  kata lain, dia merebut konsumen dengan cara tidak sehat.

Sekian Terima Kasih

Nama               : Mohammad Huseini              NPM   : 14210498                  4EA15