PERTANYA’AN : Bagaimana perilaku konsumen bias membantu penjualan produk dan jasa.. ???


Kita tahu, perlu pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk membeli. Banyak faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam pembelian. Menurut saya ada 2 hal yang biasanya sangat mempengaruhi akhir keputusan membeli. Adalah Emosional dan Rasional.
Emosional biasanya melihat dari sudut pandang EKSKLUSIF, misalnya Brand, design, dlsb. Sedangkan Rasional  biasanya melihat dari segi harga karna menyangkut kemampuan masing-masing orang yang berbeda. Teknisnya PERTAMA biasanya konsumen mengedepankan segi “ emosional” yaitu design dan merek. Namun saat pengambilan keputusan pembelian, biasanya konsumen akan melihat dari segi “ rasional”  karena alasan tadi yaitu KESESUAIAN harga dengan kemapuan yang dimiliki.
Disinilah yang menentukan keberhasilan dalam penjualan, yaitu sehebat, secerdik, dan sehebat apa seorang marketing atau pemasar dalam membaca dan melihat lebih jauh macam-macam faktor yang mempengaruhi seorang calon pembeli untuk kemudian menjatuhkan pilihannya pada produk atau jasa yang dijualnya. Mungkin dengan meneliti :
 - siapa target yang dituju
- tempat penjualan
- proses pembelian
- pesaing dll

Dengan begitu diharapkan konsumen bisa memenangkan persaingan pasar, mampu survive, eksis, dan terus berkembang ditengah keras-nya persaingan yng terjadi..  Terima Kasih



Nama                    : Mohammad Huseini
Npm                      : 14210498
Kelas                     : 3EA15
Tugas                    : Softskil “ Perilaku Konsumen ”