PERTANYA’AN :
Bagaimana perilaku konsumen bias membantu penjualan produk dan jasa.. ???
Kita tahu, perlu
pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk membeli. Banyak faktor yang mempengaruhi
pengambilan keputusan dalam pembelian. Menurut saya ada 2 hal yang biasanya
sangat mempengaruhi akhir keputusan membeli. Adalah Emosional dan Rasional.
Emosional biasanya melihat dari sudut pandang
EKSKLUSIF, misalnya Brand, design, dlsb. Sedangkan Rasional biasanya melihat
dari segi harga karna menyangkut kemampuan masing-masing orang yang berbeda.
Teknisnya PERTAMA biasanya konsumen mengedepankan segi “ emosional” yaitu design dan merek. Namun saat
pengambilan keputusan pembelian, biasanya konsumen akan melihat dari segi “
rasional” karena alasan tadi yaitu
KESESUAIAN harga dengan kemapuan yang dimiliki.
Disinilah yang
menentukan keberhasilan dalam penjualan, yaitu sehebat, secerdik, dan sehebat
apa seorang marketing atau pemasar dalam
membaca dan melihat lebih jauh macam-macam faktor yang mempengaruhi seorang
calon pembeli untuk kemudian menjatuhkan pilihannya pada produk atau jasa yang
dijualnya. Mungkin dengan meneliti :
- siapa target yang dituju
- tempat penjualan
- proses pembelian
- pesaing dll
Dengan begitu diharapkan konsumen bisa memenangkan
persaingan pasar, mampu survive, eksis, dan terus berkembang ditengah keras-nya
persaingan yng terjadi.. Terima Kasih
Nama :
Mohammad Huseini
Npm :
14210498
Kelas :
3EA15
Tugas :
Softskil “ Perilaku Konsumen ”